Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

NELSON MANDELA DAN MEREKA YANG TERLUKA

WAJAHNUSANTARAKU.COM, Jakarta - Nelson Mandela dipenjara selama 27 tahun oleh lawan politiknya. Di dlm penjara oleh salah seorang sipir dia sering disiksa, bahkan pernah digantung dgn kepala terbalik dan dikencingi, dia hanya berkata:
"Tunggu saatnya.."

Ketika Mandela keluar dari penjara dan kemudian mrnjadi Presiden Afrika Selatan, hal pertama yg dia lakukan adalah meminta pengawal pribadinya utk mencari sipir tsb,  pengawalnya langsung menangkap dan membawa sipir itu ke hadapannya. 

Sipir tersebut sangat ketakutan, ia mengira Mandela akan membalas dendam, menyiksa dan memenjarakannya, namun ternyata Nelson malah merangkul dan berkata, Hal pertama yg ingin saya lakukan ketika menjadi Presiden adalah mengampunimu. 

Dia tidak dikuasai kebencian atau niat utk balas dendam terhadap lawan-lawan politiknya dulu, memenjarakan sipir yang dulu menghina dan menyiksa dirinya. Mandela mengajarkan bagaimana membalas kejahatan dgn kebaikan, kebencian dgn kasih. 

Apa yang akan kita lakukan ketika kita sudah begitu dilukai oleh seseorg dan kini kita memiliki kesempatan untuk membalas dendam? Maukah kita mengampuni? Seberapa luas dan lapang ukuran hati kita??
Dalam sebuah buku tentang  pengampunan dikatakan: Memaafkan memang tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi di masa lalu, namun akan melapangkan jalan kita ke masa depan. 

Kebencian dan sikap tidak mau mengampuni sebenarnya sedang menutup jalan untuk masa depan kita sendiri, dan menutup pintu berkat kita.!!  

Sesungguhnya, Pengampunan adalah hadiah terbaik yang bisa kita berikan pada diri kita sendiri.

Penulis : Leo Nababan.

0 Response to "NELSON MANDELA DAN MEREKA YANG TERLUKA"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.