Elemen Masyarakat Kecam Aksi Teror Bom Sri Lanka


WAJAHNUSANTARAKU.COM, Jakarta - Peristiwa ledakan bom yang menimpa umat Kristiani saat ibadah Paskah di Srilanka pada Minggu (21/04/2019) lalu mendapat kecaman dari banyak pihak di pelbagai belahan dunia. Di Indonesia, lembaga keumatan dan elemen masyarakat juga tak ketinggalan menyuarakan kecaman dan keprihatinannya atas peristiwa teror yang memakan lebih dari 300 korban jiwa tersebut. 


Pernyataan sikap atas peristiwa pilu tersebut juga datang dari Forum Masyarakat Peduli Ledakan Bom di Srilanka, di Jakarta. Forum yang terdiri dari 7 elemen ormas tersebut melakukan aksi damainya di kawasan Tugu Proklamasi, Rabu sore (24/04/2019).


Satu persatu perwakilan elemen ormas berorasi pada aksi damai tersebut. Mereka juga menyoroti situasi toleransi dan kelangsungan keberagaman di Indonesia. Secara serentak, mereka kemudian ikut menyuarakan penolakan terhadap segala praktik radikalisme di muka bumi.

"Indonesia adalah gudangnya toleransi, keberagaman. Untuk itu kita mengajak masyarakat Indonesia menunjukan kepada dunia bahwa kita menolak terorisme dan mendukung toleransi, terutama kepada umat beragama yang sedang melaksanakan peribadatan," ujar Ervanus Ridwan Tou sebagai koordinator aksi.


Aksi damai kemudian dilanjutkan dengan doa bersama bagi para korban peledakan bom dan keluarga yang ditinggalkan.  Para peserta aksi ikut membagikan pernyataan sikap mereka kepada masyarakat yang melintasi jalan raya di kawasan Tugu Proklamasi.

Kalimat "Let's Stand United Against Terrorism", "Mari Perangi Terorisme", "Tolak Radikalisme dan Terorisme", menjadi seruan yang dikumandangkan oleh massa aksi. Mereka juga menggunakan tagar "Save Srilanka" dan
"Pray for Srilanka" sebagai simbol dari kepedulian masyarakat Indonesia kepada Srilanka.
 

Aksi kemanusiaan Forum Masyarakat Peduli Ledakan Bom di Srilanka dilaksanakan bersama oleh Vox Point Indonesia, Pemuda Katolik, PMKRI, PEWARNA Indonesia, KEMADA Baja, Mata Katolik dan LINKO AMMI.

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan pada akhir acara Forum Masyarakat Peduli Korban Ledakan Bom Sri Lanka menyampaikan beberapa pernyataan sebagai berikut:

1. Turut berbelasungkawa dan prihatin terhadap para korban yang meninggal dunia dan korban luka-luka dalam ledakan bom di Sri Lanka.

2. Pelaku ledakan bom harus dihukum seberatnya-beratnya.

3. Kami masyarakat Indonesia khususnya Forum Masyarakat Peduli Korban Ledakan  Bom di Sri Lanka wilayah DKI Jakarta  mengutuk keras tindakan teror ini.

4. Mendorong Dubes Sri Lanka untuk Indonesia agar mendesak pemerintah Sri Lanka segera menangkap pelaku dan aktor intelektual dari peristiwa ini.

5. Mengajak masyarakat dunia untuk memerangi teroris secara bersama-sama dan menciptakan kedamaian.

6. Mengajak masyarakat  Indonesia untuk tetap waspada terhadap serangan teroris di sekitar kita.





Berita terkait : Polisi Sri Lanka Tangkap Pelaku Bom Sri Lanka
Berita terkait : Teroris di Sri Lanka Orang Terdidik

Vidio terkait : Detik detik Pelaku ledakkan diri

Berita terkait Christianpost : Pastor of Sri Lanka



0 Response to "Elemen Masyarakat Kecam Aksi Teror Bom Sri Lanka "

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.