Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

TOKOH LINTAS AGAMA DIALOG DENGAN RAJA SALMAN DIDAMPINGI PRESIDEN JOKOWI

Raja Salman, Presiden Jokowi berserta Menteri dan Para Tokoh Lintas Agama.
Wajahnusantaraku.com, Jakarta - Sejumlah tokoh lintas agama berkesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud beserta Presiden Joko Widodo. Pertemuan tersebut difasilitasi oleh pemerintah Indonesia dan digelar di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Jumat sore, 3 Maret 2017.

Raja Salman bersalaman dengan Hanriette TL. Hutabarat Ketum PGI didampingi Gomar Gultom Sekum PGI
Ketua Umum Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia (PGI), Pdt Dr Henriette T.L. Hutabarat, dalam pertemuan dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud, mengatakan bahwa peran Raja Salman sangat penting dalam menciptakan peradaban dunia yang saling menghargai.

“Peran Yang Mulia, Raja Salman, bersama dengan pemimpin negara-negara lain sangat penting dalam menciptakan peradaban dunia yang ditandai dengan persaudaraan dan sikap saling menghargai, sekalipun kita bangsa-bangsa dunia berasal dari pelbagai latar belakang sosial, suku, bahasa, budaya bahkan warna kulit,” ujar Ketum PGI dalam sambutan singkat ketika bertemu dengan Raja Salman di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta, seperti dikutip dari keterangan tertulis PGI, Sabtu (4/3/2017).

Selanjutnya, ia mengatakan, PGI menghargai kesediaan Raja Salman untuk bertemu dengan para pemimpin dari berbagai agama di Indonesia. Semoga agama-agama dapat menolong umat mengembangkan spiritualitas yang otentik, serta moralitas yang peduli kepada sesama dan alam semesta ciptaan Allah, spiritualitas yang mengalir memberi kesegaran, menebar kebenaran dan keadilan, serta kesejahteraan bagi semua.

Menurutnya, pertemuan dengan Raja Salman adalah sebuah kehormatan bagi masyarakat Indonesia, sebab Raja Salman bersedia mengunjungi negara ini dan mau menerima tokoh lintas agama. “Adalah sebuah sukacita dan kehormatan bagi kami masyarakat Indonesia bahwa Yang Mulia Raja Salman bersedia mengunjungi negeri kami tercinta Indonesia,” ujarnya di hadapan Raja Salman, Presiden Joko Widodo dan para tokoh lintas agama.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PGI juga menyampaikan harapan agar kerjasama antarnegara Arab Saudi dan Indonesia semakin meningkat, saling menopang dalam pelbagai bidang kehidupan, terutama dalam memberi perhatian dan perlindungan kepada mereka yang lemah secara sosial dan ekonomi, termasuk para pekerja lintas negara agar merekapun dapat menikmati rahmat dan keadilan Allah.


Pertemuan dengan tokoh agama ini tergolong istimewa karena dihadiri oleh 28 tokoh lintas agama. Sembilan di antaranya mewakili umat Islam Indonesia, tiga lainnya mewakili umat Konghucu, dan perwakilan dari umat Katolik, Protestan, Buddha, serta Hindu yang masing-masing diwakili oleh empat tokoh.

Mewakili umat Islam di antaranya ialah Din Syamsuddin, Kammarudin Amin, Alwi Shihab, Yenny Wahid, dan Komaruddin Hidayat. Sementara Tokoh-tokoh yang mewakili agama lainnya di antaranya ialah Hanriette T. Hutabarat dan Rony Mandang (Kristen Protestan), Ignatius Suharyo Harjoatmojo dan Franz Magnis Suseno (Kristen Katolik), Hartati Tjakra Murdaya dan Suhadi Sanjaya (Budha), Wisnu Bawa Tenaya dan Ketut Parwata (Hindu), serta Uung Sendana dan Budi Santoso Tanuwibowo (Konghucu).

Pertemuan dan dialog lintas agama itu sendiri dimulai sekitar pukul 14.15 WIB. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga tampak hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam dialog tersebut.

Terkait pertemuan antara Raja Salman dengan para tokoh lintas agama, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, seperti dilansir Antara (1/3), mengatakan, topik pembicaraan mengenai bagaimana agama dapat dimanfaatkan menjadi landasan sekaligus tujuan untuk menciptakan peradaban dunia yang penuh kedamaian.

“Upaya kita untuk menanggulangi tindak kekerasan, terorisme, ekstremisme akan lebih kita teguhkan melalui pertemuan itu,” pungkasnya.

Berikut ini ialah daftar lengkap nama-nama pemuka agama yang bertemu dengan Raja Salman.

Perwakilan Islam
1. Din Syamsuddin
2. Prof. Dr. Azyumardi Azra
3. Prof. Dr. Kammarudin Amin
4. Prof. Dr. Alwi Shihab
5. Zannuba Arriffah C. Rahman (Yenny Wahid)
6. Abdul Mufti
7. Masyakuri Abdillah
8. Komaruddin Hidayat
9. Yudie Latief

Perwakilan Kristen Protestan
1. Hanriette T. Hutabarat
2. Pdt. Rony Mandang
3. Pdt. Dr. Jacob Nahuway
4. Gomar Gultom

Perwakilan Katolik
1. Mgr. Ignatius Suharyo Harjoatmojo
2. Mgr. Antonius Subianto Osc
3. Mgr. Paskalis Bruno Syukur Ofm
4. Franz Magnis Suseno

Perwakilan Budha
1. S. Hartati Tjakra Murdaya
2. Bhikku Sri Pannyavaro
3. Suhadi Sanjaya
4. Arif Harsono

Perwakilan Hindu
1. Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya
2. Ir. Ketut Parwata
3. Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta
4. Made Gede ERata

Perwakilan Konghucu
1. Uung Sendana
2. Ws. Budi Santoso Tanuwibowo
3. XS Djangrana

Sumber : Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden,  Bey Machmudin.

0 Response to "TOKOH LINTAS AGAMA DIALOG DENGAN RAJA SALMAN DIDAMPINGI PRESIDEN JOKOWI"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.