Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

Penunjukan Plt Dirjen Bimas Kristen Yang Kontroversial

Wajahnusantaraku.com, Jakarta - Ditunjuknya Prof. H. Abdurrahman Mas’ud  menjadi  Plt. Dirjen  Bimas Kristen mendapat silang pendapat di masyarakat Kristen bukan karena berbeda iman tapi terlihat dengan jelas betapa minimnya proses pengkaderan  di lingkungan Kristen, masyarakat semakin bertanya seolah olah karier orang orang yang beragama Kristiani (Kristen/Katolik) dihambat kariernya di pemerintahan,  informasi yang kami terima bahwa pimpinan yang beragama Kristen pada eselon satu sangat minim, itulahlah sebabnya  Prof. H. Abdurrahman Mas’ud  dipilih untuk sementara mengisi  jabatan Dirjen Bimas Kristen.

Menurut kaca mata pemerintah hal ini sah sahnya saja  karena  melihat pekerjaannya secara teknis tidak ada hubungannya dengan agama pemangku jabatan, tetapi  masyarakat melihat dari kaca mata yang berbeda yaitu kaderisasi dilingkungan Departemen Agama RI.

Proses kaderisasi kepemimpinan yang sudah transparan tanpa membedakan agama  dan berdasarkan kompetensi  profesionalisme,  menurut hemat saya ada di Lingkungan TNI  terbukti banyak Pangdam dan Jenderal berbintang tiga di lingkungan TNI beragama Kristiani, lalu bagaimana kompetensi dan profesionalisme POLRI apakah sudah dapat  mengimbangi TNI?.  

Ada juga informasi yang saya peroleh diberlakukan kuota  terbatas untuk  mengisi jabatan Kakanwil  Depag  hanya  disediakan  3 kuota untuk daerah khusus masyarakatnya  mayoritas beragama Kristiani (Kristen dan Katolik). Lantas kita mulai bertanya  umur Republik Indonesia sudah 71 tahun  azas kesetaraan di dalam kebinekaan belumlah  sepenuh hati dilaksanakan. Ukuran kompetensi yang seharusnya  netral , lagi lagi dipertanyakan. 

Memang beberapa tahun lalu ada juga Plt. Dirjen Bimas Budha beragama Kristiani, karena permasalahannya mungkin sama  belum ada pejabat di lingkungan Depag yang  beragama Budha  mencapai kepangkatan eselon satu dan mumpuni untuk mengisi jabatan Dirjen.  Saya berharap  Pemerintah harus berhati hati dalam kebijakannya  karena ini masalah sensitif di masyarakat  jangan membuat kebijakan kontroversial  yang walaupun sifatnya sementara  dan mendesak menimbulkan pergunjingan, saya kira  Depag bisa mengadakan lelang Pejabat Dirjen Bimas Kristen secepatnya,  cukup banyak  sumberdaya manusia dari para akademisi,  Instansi  lainnya yang cukup mumpuni  untuk mengisi jabatan Dirjen Bimas Kristen . (TE)

0 Response to "Penunjukan Plt Dirjen Bimas Kristen Yang Kontroversial"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.