Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

ULOS BATAK TIDAK BERHALA

Bilman Simanungkalit, STh., SE., Pendeta/Pimpinan Jemaat HKBP Resort Jl. Jend. Sudirman Distrik VIII DKI Jakarta
Wajahnusantaraku.com, Jakarta – Saat ini ada aliran dalam agama Kristen yang mempertentangkan budaya Batak dengan agama Kristen, aliran itu seolah membenturkan budaya batak dengan  ajaran Kristen, bukan hanya ulos tetapi keris  yang merupakan peninggalan budaya jawa juga dikatan berhala hal ini sangat memprihatinkan karena ini bagian dari Radikalisme Agama  ucap Bilman Simanungkalit, STh, SE. Pendeta/Pimpinan Jemaat HKBP Resort Jl. Jenderal Sudirman Distrik VIII DKI Jakarta “Apa itu ulos bakar saja, hal ini tentu saja menyakiti hati orang Batak, hanya aliran mereka saja yang paling benar yang lain tidak” ujarnya.
Bilman Simanungkalit melanjutkan “kultur kita sangat banyak, kalau kita menolak ulos, maka nanti kita juga akan menolak batik, kebaya karena itu bukan budaya barat, Kristen  itu sangat universal “ terangnya.
Ulos Batak dan Rumah Asli Suku Batak

Gaya  geraja  gereja eksklusife itu akan diuji juga oleh waktu, Gereja Gereja Mainstream akan membela kultur lokal, saat ini makin banyak orang menggali kearifan lokal, mengapa kita bertahan sangat lama, karena masyarakat menilai itu sangat sesuai dengan situasi Indonesia,  HKBP sangat berkepentingan untuk melindungi kulturnya kalau bukan HKBP yang melindungi kulturnya siapa lagi, moderen itu bukan berarti memberangus kultur, gereja akan terus memelihara dan menjaga kulturnya, ada  gereja Jawa, gereja Bali, gereja Minahasa, gereja Toraja dan lainnya.
Gereja Gereja itu akan terus menjaga, memelihara  kulturnya, Yesus bergaul  menghargai, menghormati  kultur orang Samaria, gereja geraja mainstreams telah banyak memasukkan lagu lagu daerah ke dalam lagu rohani, gereja sudah mengakomodir kearifan lokal, tidak terus menggunakan lagu lagu western”  terangnya. Ulos Batak itu bersifat  Universal, lintas agama  sudah sejak lama mampu mempersatukan keluarga besar yang berlainan agama ini suatu bukti kearifan lokal harus dijaga dengan baik” pungkasnya.

3 Responses to "ULOS BATAK TIDAK BERHALA"

  1. I really like this website, and I really appreciate your work. Greetings real bloggers..

    ReplyDelete
  2. Greeting blogger .. I had blogwalking passengers only. But after I read and read your article turned out to be interesting as well.

    ReplyDelete
  3. wah tambah wawasan baru nih, pengetahuan seperti ini bagus untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan jiwa mencintai daerah

    ReplyDelete

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.