IPW Minta Polri Telusuri Dugaan Politik Uang Mahar

Wajahnusantaraku.com, Jakarta - Maraknya dugaan uang dengan dalih uang mahar dalam proses pencalonan kepala daerah membuat masyarakat geram ditengah sulitnya mencari calon pemimpin bangsa yang bersih dan cakap yang lahir dari partai partai politik. Polri diminta untuk mengusut praktik berupa pemberian uang untuk meloloskan seseorang menjadi calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang sudah membudaya sejak jaman orba tidak hanya melanggar aturan kepemiluan, tapi juga dinilai termasuk kejahatan dan perbuatan kriminal.

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polri segera mengusut dugaan politik uang atau suap menyuap dengan dalih uang mahar di balik pelaksanaan Pilkada serentak, yang proses pendaftarannya ke KPUD sudah dimulai.

"Bagaimana pun keberadaan uang mahar adalah kejahatan yang melanggar KUHP," kata Ketua Presidium IPW Neta S. Pane, di Jakarta, Sabtu (1/8).

IPW menilai, uang mahar bukanlah biaya politik tapi kejahatan politik yang bernuansa suap menyuap untuk mendapatkan satu posisi yakni sebagai calon kepala daerah dari satu partai politik tertentu.

"Memang tidak semua calon yang ikut terlibat dalam praktik uang mahar. Tapi isu keberadaan uang mahar makin marak  dan makin muncul ke permukaan hingga membuat keresahan dan ketidakpercayaan publik pada proses Pilkada," ujarnya.

Bahkan, menurut Neta, sudah muncul berbagai keluhan dari para bakal calon yang akhirnya mereka mundur dari pencalonan karena tidak sanggup membayar uang mahar yang diminta partai politik tertentu.

Untuk membongkar praktek uang mahar ini, Neta mengatakan Polri perlu menurunkan tim Intelkam dan Tipikor Bareskrim Polri.

Pihaknya berharap tim Polri ini bisa menangkap dan memproses para pelakunya ke pengadilan agar proses Pilkada  Serentak di 2015 ini bisa berjalan bersih, transparan, tidak diwarnai praktek suap menyuap atau politik uang yang  dibungkus praktek uang mahar.

"Jika Polri bekerja keras dan memproses para calon kepala daerah yang terlibat praktik uang mahar, budaya baru  Pilkada akan tumbuh dan berkembang, revolusi mental kepemimpinan di daerah akan terjadi dan masyarakat bisa benar-benar mendapatkan pemimpin yang bersih, beritegritas, dan bermoral," tegasnya.

"Sehingga harapan masyarakat bahwa Pilkada serentak akan mendapatkan pemimpin yang ideal bisa tercapai. Sebab  tugas Polri di Pilkada Serentak tidak sekadar menjaga keamanan, tapi lebih dari itu, Polri harus mampu membongkar dan memproses segala pelanggaran hukum di balik Pilkada serentak, termasuk politik uang dengan praktek uang  mahar," pungkasnya.

Sumber : Antara

3 Responses to "IPW Minta Polri Telusuri Dugaan Politik Uang Mahar"

  1. Very interesting to read this article.I would like to thank you for the efforts you had made for writing this awesome article.

    ReplyDelete
  2. the article is pretty good and interesting to see. I was glad to have been here

    ReplyDelete

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.