Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

19 Provinsi di Indonesia Berpotensi Diterpa Tsunami Mulai Subuh Besok


Mulai sejak Kamis (3/4) Masyarakat di sejumlah daerah Indonesia tampaknya, harus ikut waspada, setelah gempa bumi berkekuatan 8 skala ritcher yang berpotensi melahirkan gelombang tsunami melanda negara Cile, Rabu (2/4/2014) dini hari.
Pasalnya, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melansir, gelombang tsunami akibat gempa tersebut bisa melanda sejumlah kawasan pesisir Indonesia, dari Provinsi Papua hingga Lampung.
Rabu hari ini, gempa Cile tersebut sudah menimbulkan gelombang tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Cile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, dan Nikaragua.
"Gelombang tsunami itu, diperkirakan sampai di Indonesia kali pertama di Provinsi Papua, yakni pada Kamis (3/4/2014) pukul 05.11 subuh, waktu Indonesia bagian barat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (2/4/2014).
Setelah Papua, secara beruntun tsunami bakal melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali.
Selanjutnya, kata dia, tsunami juga akan melanda sejumlah daerah pesisir Sulawesi, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Barat.
Terakhir, gelombang tsunami itu akan menerpa wilayah pesisir Provinsi Banten, dan Lampung.
"Total ada 115 lokasi di 19 provinsi itu yang akan dihampiri gelombang tsunami yang ketinggiannya mencapai 0,5 meter," terangnya.
Gelombang tersebut, bakal menerpa ratusan lokasi itu dalam waktu yang berbeda. "Mulainya sejak Kamis (3/4)  subuh besok, yakni sekitar pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB. Jadi, kami minta warga waspada," pintanya.
Selengkapnya, Sutopo daerah-daerah yang berpotensi terkena tsunami dapat di akses di www.bnpb.go.id.

 Sumber:Tribunnews n bnpb

0 Response to "19 Provinsi di Indonesia Berpotensi Diterpa Tsunami Mulai Subuh Besok"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.