Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

APBI: Kami Merugi Jika Masih Ada Penambang Ilegal

Sumber: Photo Antara

Jakarta - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) meminta pemerintah menyelesaikan penambang ilegal sehingga tidak merugikan pelaku usaha yang menerapkan good mining practice.

"Kami minta pemerintah selesaikan penambang ilegal. Jika tidak mereka menjadi kompetitor berat buat kami yang menerapkan good mining practice," ujar Direktur Eksekutif APBI, Supriatna Sahala akhir pekan ini.

Menurut Supriatna pelaku industri batubara nasional mengalami banyak hantaman eksternal dan internal sehingga menurunkan kinerja operasi pengusaha. Hal ini antara lain, menurunnya harga batubara di pasar global, program pemerintah yang mempriotaskan produksi ke pasar domestik, hingga rencana penaikan royalti sebesar 13,5% bagi pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP).

"Tapi yang tak luput jadi perhatian adalah penambang ilegal. Mereka tidak mengikuti kebijakan pemerintah, tapi kami yang ikut aturan malah merugi. Ini harus ditangani secara cepat," ujarnya.

APBI sebelumnya juga telah menolak rencana pemerintah menaikkan royalti batubara bagi perusahaan pemegang IUP sebesar 13,5%.

Ketua Umum APBI, Bob Kamandanu mengatakan kebijakan menaikkan royalti mengindikasikan pemerintah tidak konsisten dengan rencana semula. Pengenaan tarif royalti bagi IUP sebesar 5-7% pada awalnya dimaksudkan sebagai insentif mendorong investasi.

"APBI pada prinsipnya setuju dengan keinginan pemerintah. Tapi asosiasi belum dapat menerima rencana kenaikan karena saat ini industri sedang terbebani penurunan harga," kata Bob.

Pemerintah menaikkan royalti batubara melalui revisi Peraturan Pemerintah No. 9/2012 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Royalti batubara akan diterapkan sebesar 13,5%.

Sumber : Inilah.com

0 Response to "APBI: Kami Merugi Jika Masih Ada Penambang Ilegal"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.