Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

BANJIR BANDANG DAN LONGSOR

BANJIR BANDANG DAN LONGSOR TERJANG CIANJUR, 1 TEWAS DAN 2 HILANG

Hujan deras yang sejak pukul 11.00 Wib hingga 18.00 Wib pada Selasa (3-12-2013) telah menyebabkan banjir bandang dan longsor di Kec Cidaun dan Kec Cikadu Kab Cianjur, Prov Jawa Barat. Daerah tersebut merupakan zona daerah rawan longsor tinggi.
 
Banjir bandang di Kec Cidaun menimpa 2 desa yaitu Desa Cidamar dan Desa Kertajadi pada pukul 16.00 Wib. Banjir bandang diawali suara gemuruh dari pegunungan kemudian menyapu rumah di dua desa. Dua orang hilang yaitu Karna (60 th, L) dan Kusnadi (50, L). Keduanya warga Kp. Kertajadi RT 1, Desa Kertajadi Kec. Cidaun. Hingga saat ini belum ditemukan. Kerusakan rumah ada 11 unit rusak berat dan 23 unit rusak ringan di Kp. Sukamaju, Kp Bobojong, dan Kp Babakan Desa Cidamar.  40 KK atau 132 jiwa menderita akibat bencana tersebut. Beberapa ternak hanyut terbawa banjir bandang.

Pada saat hampir bersamaan longsor terjadi di Desa Cisaranten dan Desa Sukamulya Kec Cikadu Kab Cianjur. Longsor di Kp Cibodas , Desa Cisaranten menyebabkan 1 orang meninggal dunia (Aminah, 50, P) dan 2 orang luka patah tulang. 1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang, 1 rumah rusak ringan, 24 rumah terancam longsor, dan kerusakan sawah. Sedangkan longsor di Desa Sukamulya menyebabkan 25 rumah rusak sedang dan berat, 7,7 hektar sawah rusak. Pendataan masih dilakukan.

 
BPBD Cianjur, TNI, Polri, SAR, relawan dan masyarakat masih melakukan pencarian korban. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dari banjir bandang dan longsor seiring meningkatnya hujan. Daerah di sekitar selatan Jawa Barat, seperti Bogor, Cianjur, Sukabumi, Garut dan Tasikmalaya merupakan daerah rawan tinggi longsor. Diperkirakan hujan tinggi terjadi selama Desember hingga Februari daerah tersebut.

Info lanjut Asep Suhara (Kepala BPBD Cianjur) 082129495760

0 Response to "BANJIR BANDANG DAN LONGSOR"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.