Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

Masyarakat Diharapkan Miliki Langkah-Langkah Kewaspadaan Hadapi Bencana




 
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika R. Niken Widiastuti
WAJAHNUSANTARAKU.COM, Jakarta – Wilayah Indonesia berada di posisi ring of fire dengan dua musim dan iklim teropis sehingga cuaca dan kondisi alam di Tanah Air kerap mengalami kejadian-kejadian bencana Alam.


Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) R. Niken Widiastuti saat membuka acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9) di Ruang serba Guna Roeslan Abdul Gani Kantor Kemkominfo, Jakarta, Senin (5/3/2018).


Dalam Dismed FMB9 yang mengangkat tema “Tanggap Bencana : Kerja dan Antisipasi” tersebut, Dirjen IKP menjelaskan, pada tahun 2017 lalu, di Indonesia terjadi lebih dari 2.000 kejadian bencana alam seperti gempa, banjir, longsor, dan lainnya.


Hal ini menunjukkan, lanjut Dirjen IKP, wilayah Indonesia memang dekat dengan bencana alam. Maka, atas dasar itu pula, Dismed FMB9 akan membahas  dan membedah seputar mitigasi bencana alam di Tanah Air.


“Hari ini kita akan membahas Tanggap Bencana, bagaimana proses kerjanya dan seperti apa langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan oleh sejumlah pihak yang terkait dengan bencana alam di Indonesia” jelas Niken.

Untuk itu, Dirjen IKP menjelaskan, telah hadir sejumlah narasumber yang akan menyampaikan materi terkait kebencanaan tersebut, Yakni, dari BMKG, BNPB, Kementerian LKH, Kemensos dan Kemen PUPR.


“Yang paling utama adalah langkah-langkah bagaimana masyarakat ketika menghadapi bencana alam seperti gempa, banjir, longsor dll. Sehingga, muncul kewaspadaan penuh atas kondisi Indonesia yang memang dikenal rawan bencana,” ulas Niken.


Menurut Dirjen IKP, belakangan ini ada info tidak jelas yang telah beredar di tengah-tengah masyarakat ketika menghadapi bencana alam seperti gempa, banjir, longsor dll. Sehingga, muncul kewaspadaan penuh atas kondisi Indonesia yang memang dikenal rawan bencana,” ulas Niken.


Menurut Dirjen IKP, belakangan ini ada info tidak jelas yang telah beredar di tengah-tengah masyarakat terkait bencana alam, sehingga jika tidak diberikan penjelasan maka akan berdampak pada kegelisahan masyarakat.

“Semoga di forum diskusi ini bisa juga dijawab perihal info tersebut sehingga masyarakat tidak lagi merasakan ketakutan yang berlebihan. Tapi, bagaimana masyarakat bisa memiliki langkah-langkah kewaspadaan yang baik dalam menghadapi bencana alam,” jelas Niken.


Hadir sebagai narasumber dalam Dismed FMB9 kali ini, antara lain BMKG Dwikorita Karnawati, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Bernardus Wisnu Widjaja, Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Hary Hikmat, dan Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian PUPR Adang Saf Ahmad.

Penulis : Thony Er. 



0 Response to "Masyarakat Diharapkan Miliki Langkah-Langkah Kewaspadaan Hadapi Bencana"

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.