Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

Gereja-gereja di Jawa Barat Diperas oleh Ormas Berlabel Agama "Kalau Ingin Ibadah Aman, Bayar"

Wajahnusantaraku.com, PURWAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia (RI) Imdaddun Rahmat menyebut banyak gereja di kawasan Bandung Raya menjadi obyek pemerasan.

"Nilainya puluhan sampai ratusan juta rupiah," ujar Imdaddun saat menyambangi Gedung Negara Pemkab Purwakarta, Sabtu (4/6/2016). Organisasi keagamaan itu berdalih uang yang mereka pungut untuk pengamanan. "Jika ibadahnya di gereja ingin aman, mereka harus bayar (ormas keagamaan itu)."

Imdadun mengatakan pemerasan itu terungkap saat ia dan komisioner Komnas HAM lain bertemu dengan pengurus gereja di Bandung dan sekitarnya beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu juga terungkap, meski sudah menyetor uang ke ormas tersebut, gangguan tetap ada dari ormas lain, yang juga meminta dana pengamanan.

"Dalam pertemuan dengan pengurus gereja di kawasan Bandung dan sekitarnya, mereka jadi sub obyek pemerasan dari kelompok-kelompok mayoritas," ujar Imdaddun.

Disinggung siapa yang memeras pengurus gereja, kata Imdaddun, ia menegaskan bahwa pelaku-pelaku pemerasan terhadap gereja kebanyakan organisasi massa (ormas) mengatasnamakan agama.

"Ya, ormas berlabel agama. Saya tidak sebut ormas agama yang mana. Tapi yang pasti memeras materi, kalau ingin aman tidak diganggu, ya bayar," ujar Imdaddun.

Ia merinci modus pemerasan tersebut. Misalnya, gereja belum memiliki IMB tapi umat gereja ingin beribadah, ormas tersebut meminta bayaran.

"Ada gereja tidak miliki IMB, dapat jaminan beribadah di gereja, pengurus gereja bayar sejumlah uang untuk dapatkan jaminan keamanan. Itu tidak hanya satu ormas, satu gereja tapi didatangi kelompok lain dengan jumlah uang yang besar," ujar Imdaddun.

Komnas HAM berharap pemerintah lokal dan aparat keamanan, Polri dan TNI bisa menindak tegas tindakan-tindakan tersebut.

"Jangan dibiarkan, tindak tegas. Contoh saja Purwakarta, Flores, Kota Bekasi. Jika tegas, bisa kok," pungkasnya,.

0 Response to "Gereja-gereja di Jawa Barat Diperas oleh Ormas Berlabel Agama "Kalau Ingin Ibadah Aman, Bayar""

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.