Spotlight Inspirasi Keberanian, Perjuangan Idealisme Jurnalis

Poster Film Spotlight
Wajahnusantaraku.com, Jakarta – Film drama barat berjudul “Spotlight” ini merupakan film yang berceritakan mengenai kisah nyata yang memukau dari pemenang hadiah Pulitzer Boston Globe. Sebuah hasil investigasi terhadap satu kota yang menyebabkan krisis di salah satu lembaga tertua dan paling terpercaya di dunia.
Ketika tim investigasi koran ‘Spotlight’ menyelidiki sebuah tuduhan pelecehan seksual di Gereja Katolik, penyelidikan yang dilakukan selama setahun menyingkap setelah selama bertahun-tahun lamanya ditutupi di tingkat tertinggi dari segi agama, berbagai media, polisi dan sistem hukum pemerintah Boston, menyentuh di seluruh dunia. Hal ini disebut sebagai salah satu kisah kejahatan terbesar di zaman modern.
Spotlight bercerita tentang kisah nyata yang terjadi tahun 2001. Marty Baron adalah seorang editor harian Boston Globe memerintahkan tim jurnalisnya untuk melakukan investigasi atas kasus John Geogham Seorang Pastor yang dituduh melakukan pelecehan seksual pada 80 anak laki laki. Para Jurnalis berusaha mengungkap skandal besar yang mengguncang kota dan menggemparjan dunia, karena skandal tersebut melibatkan lembaga tertua dan terpercaya di dunia.
Film tersebut mengingatkan kita akan banyaknya kasus kasus politik, ekonomi, korupsi, persekongkolan kekuasaan yang terjadi di Indonesia seperti halnya kasus mama minta saham freeport, skandal BLBI, skandal Bank Century dan banyak kasus kasus yang berhenti ditengah jalan, orang bertanya tanya dimanakah idealisme para Jurnalisme Indonesia, apakah semuanya masuk dalam katagori jurnalisme damai seperti yang terjadi di zaman Menteri Penerangan Harmoko semua berjamaah dalam pesta pora.
Wartawan Boston Globe sudah dicukupkan gizinya, bisa bekerja 20jam sehari karena semua kebutuhannya sudah di cukupkan perusahaan dan bandingkan dengan gizi para wartawan Indonesia ada yang merangkap pengendara gojek agar bisa bertahan hidup.
Pertarungan tingkat tinggi selalu menggunakan Uang untuk menutup kasusnya terlihat jelas dalam film Spotlight para hakim, polisi, pengacara menyuap semua orang untuk menutup kasus ini. Termasuk pengakuan sang pengacara bahwa dia sudah memberi informasi tertulis daftar nama para pastor yang terlibat pada Boston Globe tetapi tidak ditindak lanjuti berarti ada orang dalam Boston Globe yang terlibat.
Tim Spotlight didominasi Tua Tua yang Matang Pengalaman
Lihat juga para wartawan Spotlight yang di Indonesia dikatakan aki-aki wajah keriput matang, terlihat wajah amarah pada ketidak adilan, wajah yang muak pada permainan kotor, bedakah dengan wartawan Indonesia silahkan anda nilai sendiri.
Wajah penuh keriput yang berkali kali di close up tentunya sang sutradara ingin menunjukkan penciuman yang tajam sebagai seorang Wacth Dog, atau anjing pengawas pada kegiatan bernegara dan berorganisasi.
Sutradara juga ingin mematahkan stigma bahwa orang muda bukanlah segalanya, hebat, berani dan cerdas, atau stigma wartawan Indonesia jika tua aki aki sudah bau tanah akan sangat mudah dikalahkan oleh orang muda. Terlihat dengan jelas bagai mana seorang pengacara muda, pintar, terkenal menutupi segala kebusukan yang terjadi menyuap aparat penegak hukum, polisi, hakim, jaksa.
Komitmen yang sama antara Jurnalis dan Pemilik Modal
Film ini juga menceritakan bagaimana komitmen pemilik Boston Globe dan para jurnalis, ketika pemimpin redaksi Boston Globe bernama Marty Baron menghadap petinggi Gereja Katolik, ada percakapan seberapa lama anda menghabiskan waktu untuk menginvestigasi kasus ini, apakah dana anda cukup? kondisi ini meggambarkan perusahaan anda akan bangkrut jika melawan kami, tapi Marty Baron hanya tersenyum saja seolah dia tidak takut akan hal tersebut bahwa pemillik modal mempunyai visi dan komitmen yang sama terhadap menyuarakan kebenaran dan mempunyai tugas yang sama pula dari Tuhan untuk memperbaiki moral manusia.
Bandingkan pula dengan para pengusaha media di Indonesia apakah mereka memiliki visi dan misi yang sama dengan para Jurnalis menyuarakan kebenaran tidak terus menerus menghitung profit margin. Atau yang lebih tragis lagi dapat apa saya jika kasus ini diuangkap?
Akankah suatu saat para jurnalis Indonesia mampu membongkar kasus besar seperti Watergate yang mampu melengserkan Presiden Amerika Nixon pada tahun 1974 kita lihat saja perkembangannya. (Thony)



22 Responses to "Spotlight Inspirasi Keberanian, Perjuangan Idealisme Jurnalis"

  1. I love being able to come back to this site, here a lot of knowledge that I can get.

    ReplyDelete
  2. I feel that you are a person who has a lot of inspiration, as evidenced by the articles you post this has many benefits for the visitors.

    ReplyDelete
  3. I feel that you are a person who has a lot of inspiration, as evidenced by the articles you post this has many benefits for the visitors.

    ReplyDelete
  4. It feels good to be able to come back and read your article this very quality. I wait for the newest articles of higher quality.

    ReplyDelete
  5. We greatly appreciate your work, hopefully in the future you could be displaying a paper of higher quality.

    ReplyDelete
  6. In each visit I definitely get an invaluable insight for me. Thank you for your article

    ReplyDelete
  7. News that you serve a very nice and interesting to see, hopefully this news can be useful for everything. success

    ReplyDelete
  8. Thank you so much for your article, I love everything that is in this article. Its content is very good quality and a writing language that you use very well.

    ReplyDelete
  9. I am so much pleased to get this planning. I am looking ahead to read more about it. This is a very lovely post.

    ReplyDelete
  10. This article that I've been waiting a lot of interesting and helpful information I get, thank you very much

    ReplyDelete
  11. Of the many this blogs I visit this blog recently that I think is interesting and good at reading and sharing the article.

    ReplyDelete
  12. For me this is a very very good information, because its contents make us become better know and learn more about the wide world, so it would greatly add insight for me, laneways that I say many thanks..

    ReplyDelete
  13. This is very unique article, I will come back again to this website to see the next article, warm regards from me..

    ReplyDelete
  14. Each of my visits to this blog so that I can be an inspiration and insight knowledge, because this blog contains articles that are very inspiring.

    ReplyDelete
  15. Every quality article will definitely be a lot of people give him appreciation, such as an article on this site.

    ReplyDelete
  16. The article wrote very good-looking benefit, believe to be of great help to me later, finally thank the share

    ReplyDelete
  17. It's really helpful visit, Thank you for sharing with us, may the blessing and increasingly successful.
    We are waiting for the post and update of the latest article.

    ReplyDelete
  18. Thank you for the article was very helpful, I liked his discussion and hopefully the articles is very unique and best quality.

    ReplyDelete
  19. Fast, Friendly and a job well done. Have already recommended Chuck-IT to friends.

    ReplyDelete
  20. Well, the content is really a very good, at least can be moved a lot of readers, also can attract the eyes of many readers, and is deep high praise. I also like such content, and is a special like.

    ReplyDelete
  21. The article wrote very good-looking benefit, believe to be of great help to me later, finally thank the share.

    ReplyDelete
  22. The main to works as usual, like a wisp of spring breeze, soothe the soul, also increased confidence.

    ReplyDelete

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.