Selamat Tahun Baru 2018

Selamat Tahun Baru 2018

Tips Dongkrak Pemasukan, Kenali Potensi Diri

Wajahnusantaraku.com, Jakarta - Mungkin inilah saatnya masa masa kesulitan keuangan setelah gaji dan THR di habiskan untuk keperluan mudik dan hari Raya Idul Fitri. Bagaimana cara mendongkark pemasukan bulanan? Ternyata ada acara yang cukup mudah, yakni kenali kemampuan yang dimiliki diri sendiri dengan baik.

"Setiap orang punya kemampuan yang bisa ditingkatkan untuk menjadi uang. Jadi, nggak hanya bergantung pada gaji bulanan," kata Lutfi Trizki, pendidik keuangan dari Rumah Cerdas Finansial Kak Seto.

Dalam menyiasati keuangan, pada umumnya dibutuhkan dua hal, yaitu memperbaiki kebiasaan dan memperbanyak kebisaan.

Misalnya, seseorang yang suka menulis dapat mengembangkan keahliannya dengan menulis untuk media massa atau bahkan membuka pelatihan menulis.

Untuk mengenali potensi diri yang bisa dijadikan sumber penghasilan, buat dua kolom, kolom kiri berisi keahlian yang dimiliki dan kanan cara menjadikan keahlian tersebut sebagai penghasilan.

"Buat pemasukan menjadi tidak terbatas sedangkan pengeluaran terbatas."

Ketika memiliki pemasukan sampingan, orang cenderung akan lebih realistis dalam mengatur keuangannya, misalnya tidak lagi bergantung pada kartu kredit untuk pengeluaran.

"Coba koreksi lagi pemasukan dan pengeluaran," kata dia.

Bahkan, ada 8 Cara Instan untuk mendongkrak penghasilan bulanan.

Di tengah kondisi perekonomian dunia yang melesu, mungkin tak sedikit perusahaan yang ikut terkena imbas. Bagi pekerja yang hanya mengandalkan pemasukan dari gaji, kini saatnya untuk melihat ke depan dengan mencari cara meningkatkan pendapatan bulanan mereka.

Pendiri situs pengembangan karier, Quintessential Careers, Randall Hansen, seperti dikutip dari  USNews, mengatakan, terdapat banyak cara untuk membuat tambahan pendapatan dan beberapa diantaranya telah dicoba dan berhasil.

Berikut adalah cara instan meningkatkan penghasilan Anda:

1. Cari Dana untuk Penemuan Anda

Beberapa tahun terakhir, para pencipta senantiasa membutuhkan bank atau lembaga keuangan untuk merealisasikan ide dan menawarkannya di pasar. Namun kini banyak situs internet yang bisa membawa teman bahkan orang yang tak Anda kenal untuk menyumbangkan uang bagi proyek yang sedang dikembangkan.

Hal ini sudah lazim menjadi alternatid pendanaan bagi para penemu di Amerika Serikat (AS). Ambil contoh situs Kickstarter.com yang telah sukses menggalang pendanaan untuk 30.000 proyek sejak diluncurkan perdana pada 2009.

Untuk bisa memperoleh bantuan penggalangan dana ini, Anda cukup membuat sebuah akun di situs tersebut, menggambarkan sedikit proyek yang tengah digarap, serta menawarkan imbal hasil bagi para pendonor.


2. Pekerjaan Sampingan

Pada tahun 2011 lalu, sekitar 3,6 juta penduduk AS diketahui memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan mereka. Disamping mendapat tambahan uang, pekerjaan sampingan juga bisa membantu Anda mengembangkan potensi karier atu mempelajari keahlian yang dibutuhkan pada pekerjaan utama Anda.

3. Berbagi Rumah

Salah satu cara untuk mengurangi beban sewa rumah adalah dengan mengajak penyewa lain tinggal bersama. Data sensus AS menunjukan, lebih dari 6,2 juta orang dewasa AS tinggal dengan orang yang tak ada hubungan keluarga. Jumlah ini meningkat dari posisi 5,7 juta orang pada 2007.

Sebelum memutuskan berbagi rumah, pastikan Anda bisa telah menghitung beban pajak penghasilan yang nantinya dipenuhi dari biaya sewa, tarif listrik, serta biaya perawatan. Pastikan teman penyewa Anda memahami aturan bersama dalam tempat tinggal.

4. Ubah Hobi menjadi Pundi Uang
Di AS terdapat situs khusus kerajinan sepert Etsy dan ArtFire yang tak hanya disediakan untuk para artis, tapi juga bagi masyarakat awam yang ingin menawarkan berbagai produk mulai dari furnitur hingga tas.

Banyak contoh bagaimana sebuah hobi bisa mendatangkan tambahan penghasilan untuk Anda. Jika Anda mahir menggunakan kamera, tak ada salahnya mulai menawarkan jasa pemotretan ke sejumlah organisasi atau pembuatan kartu nama.

Contoh lain diungkapkan Web Strategist Scot McIntosh yang berhasil mendapat tambahan uang dengan menjual karya tulisan lewat e-Book.

5. Menciptakan aplikasi

Dengan makin beragamnya sistem operasional telepon genggam seperti Android, iPhone, dan Windows Mobile, terbuka peluang untuk Anda menciptakan aplikasi sekaligus menjualnya untuk menambah pemasukan.

Untuk bisa menciptakan aplikasi, perusahaan seperti Google bahkan telah mempermudah proses belajar dengan mendirikan App Inventor yang bekerjasama dengan universitas terkenal AS, MIT. Sumber referensi lain untuk menciptakan aplikasi HP juga bisa diperoleh dari iPhone Application Development for Dummies atau Android Application Development for Dummies.

6. Cari untung dari Video

Tak perlu menjadi profesional untuk bisa mendapat tambahan penghasilan dari pembuatan video. Hal inilah yang dirasakan Wayne Perry ketika tanpa tujuan apa pun mengunduh video rekamannya dalam situs Youtube. Dengan judul 'Bayi Mungil Pembantu Dokter Memotong Tali Pusar', video Perry ini dilihat lebih dari 750.000 orang.

Banyaknya pengunjung Youtube yang melihat video tersebut, menarik perhatian Google yang menawarkan pemasangan iklan di awal video tersebut. Kini Perry bisa mengumpulkan US$ 1.000-1.500 per bulan dari Google Adsense.

Cara lain meraih uang dari hasil rekaman video adalah dengan mendaftar gratis pada Youtube Partner Program. Dengan menjadi anggota Anda serasa memiliki saluran video tersendiri di situs Youtube.

7. Mengumpulkan bersama pekerjaan sampingan

Bagi mereka yang bisa memiliki akses internet, peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan cukup besar. Bahkan mereka bisa melakukan aktivitas sesuai waktu yang ditentukan sendiri.

8. Minta kenaikan gaji

Gaji di beberapa sektor industri memang stagnan. Namun bukan tak mungkin bisa mengalami kenaikan. Khususnya jika Anda pekerja dengan kinerja terbaik.

Studi yang dibuat Towers Watson mengungkapkan, perusahaan tak ragu menaikan gaji rata-rata 4,7% pada 2013 untuk mereka yang dianggap memiliki kinerja terbaik.

Kunci untuk mendapatkan kenaikan gaji adalah dengan mendokumentasikan segala hal yang bisa menunjukkan kinerja terbaik Anda. Tunjukkan bahwa dengan kinerja dan tingkat pendidikan, Anda telah membantu perusahaan mencetak pendapatan cukup besar.

Sebagai tambahan, penting untuk melakukan sedikit penelitian mengenai besarnya gaji yang layak Anda peroleh sesuai pendidikan, keahlian, dan pengalaman. [Dari berbagai sumber/Ant/N-6]

4 Responses to "Tips Dongkrak Pemasukan, Kenali Potensi Diri"

  1. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic.

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic.

    ReplyDelete
  3. Ternyata saya kira cari dana modal itu sangat susah eh ternyata gampang banget ya terima kasih ka buat informasinya

    ReplyDelete

1.Berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan
2.No SPAM, No Live link , No Sara , No P*rn
3.Untuk Blogwalking / Mencari Backlink bisa Menggunakan OPENID , Name URL

Komentar yang tidak sesuai dengan isi Konten , Akan Langsung di Delete.